Follow Us @ig.srigading

Kamis, 24 September 2020

Optimalisasi Google Classroom untuk Pembelajaran Jarak Jauh


Depok (23 September 2020).
Google Classroom menjadi kebutuhan para guru di era pembelajaran jarak jauh (PJJ) atau pembelajaran dari rumah (BDR). Penguasaan terhadap Google Classroom ini menjadi penting karena dengan media ini sangat membantu para guru dalam menyampaikan pembelajaran kepada siswa di masa pandemi ini.

Yayasan Sri Gading Indonesia (SGI) sebuah yayasan yang peduli dengan dunia pendidikan dan pemberdayaan masyarakat menyelenggarakan Webinar Series terkait dengan Google Classroom. Harapan SGI dengan webinar ini dapat membantu para guru memahami media pembelajaran ini dengan baik.

Acara Webinar menghadirkan Bpk. Andy Novi Suhanto, S Kom (Certified Google Educator) sebagai narasumber. Beliau dari PT. Duta Digital Informatika (DUGI) dimana DUGI merupakan partner Google, Alibaba, Acer dan Intel di Indonesia. Meningkatkan dan menyelaraskan serta memberikan solusi pendidikan dengan google education menjadi visi dari DUGI. Visi yang sama dengan SGI inilah menjadikan SGI berkolaborasi dengan Bapak Andy.

Webinar dibuka oleh MC Ibu Ferry Veronika, SE tepat pukul 12.45 WIB.  Disambung dengan sambutan dari Ketua Yayasan Sri Gading Indonesia Ibu Hariyah, M. Hum. Dalam sambutannya Ibu Hariyah menyampaikan sesuai Misi dan Visi SGI maka Yayasan SGI turut hadir memberikan knowledge sharing dan konsultasi pendidikan serta training-training sebagaimana kegiatan yang diselenggarakan hari ini. Menutup sambutannya Ibu Hariyah menyampaikan “Kami berharap kegiatan ini mampu meningkatkan kompetensi dan kualitas guru di masa BDR ini. Selamat datang dan selamat mengikuti kegiatan Webinar ini”.

Webinar ini dihadiri 157 peserta dari berbagai kota. Ibu Fery Veronika di awal pembukaan menyampaikan bahwa target peserta webinar ini adalah 100 orang, ternyata sambutan peserta luar biasa sehingga kesempatan dibuka kembali untuk peserta yang mau hadir.

Peserta webinar berasal sekolah SD, SMP, SMA, SMK , MTS baik negri maupun swasta  dari berbagai kota yakni Jakarta, Depok, Bogor, Cimahi, Bandung Barat, Sdioarjo (Jawa Timur) bahkan ada dari Solok (Sumatera Barat). Materi ini diminati oleh pendidik dari berbagai usia, peserta diatas 50 tahun sekitar 14,9%, antara 42-50 tahun 29,7%, 30-40 tahun sebanyak 44,6% dan usia dibawah 30 tahun sebanyak 10%. Dari form yang diisi peserta 50% sudah memahami konsep pembelajaran education 4.0 dan 50% nya belum.

Ibu Nani Sutarni, SPd. sebagai moderator memandu penyampaian materi webinar ini dengan sangat baik. Sepanjang Bpk Andy menyampaikan materi peserta mengikuti acara cukup baik dan disiplin. Banyak pertanyaan diajukan peserta melalui chat dan juga pertanyaan-pertanyaan yang dipandu oleh moderator. Beberapa contoh pertanyaan adalah sebagai berikut:

1. Apa perbedaan yang significant antara Classroom bias/free (akun pribadi) dengan G-Suite For Education (Berbayar)? Bagaimana cara sekolah mendaftar memiliki G-Suite? Apakah ada harga spesial untuk pendidikan?

2.  Apa yg menyebabkan saya sebagai guru di Classroom tidak bisa mengirim tugas? Atau murid tdk bisa mengumpulkan tugas di classroom? Mohon jawabannya

3 Apa yang menyebabkan murid saya terkadang ada yang tidak bisa membuka link google form?

Ibu Nani dengan apik menyampaikan pertanyaan kepada Bapak Andy untuk mendapatkan jawaban dan saran-saran dari narasumber.

Di akhir materi diadakan quizizz yang dipandu oleh Ibu Eva dengan menggunakan website quizizz.com, peserta secara online mengikuti quizizz dengan baik. Quizizz dimenangkan oleh Ibu Rosdiana. Selamat buat Ibu Rosdiana (hadiah sudah terkirim).

Kegiatan ini ditutup dengan doa yang dibacakan oleh Bapak Muhammad Ridwan dari SMK 57 Jakarta.

Demikian peliputan acara Webinar: “Optimalisasi Google Classroom Untuk Pembelajaran Jarak Jauh” harapannya materi ini bisa bermanfaat buat semua peserta yang hadir dan SGI bisa melanjutkan series-series Webinar berikutnya.

 

(drh. Puji Hartini)

2 komentar:

  1. Mantabs SGI, semoga terus Berkiprah memajukan Pendidikan di Indonesia...

    BalasHapus
  2. Waahhh keren SGI. Semoga ada event selanjutnya, pengen ikutaaan. Bravo SGI

    BalasHapus